, Olimpide Toki: Berkas dan Pembahasan: i++ atau i+=3?

i++ atau i+=3?

Hal baru yang akan dipelajari: Menggunakan pertambahan singkat dengan C
 
, atau C++ (si ples ples), adalah program yang sangat singkat, jelas, dan mudah dipelajari (hem...). Tapi eits, kebanyakan newbie, banyak yang terjebak dengan bahasa C, diantaranya tentang pemilihan i++ atau i+=3, atau i-- atau i-=3.


Baiklah, sepintas memang kita tidak tahu apa itu i++ atau ada apa bedanya dengan i+=3. Ini pengalaman gua beberapa hari yang lalu (saya kan juga newbie :D), waktu itu, saya belajar dengan dosen (walaupun tidak bisa dikatakan dosen, karena saya belum kuliah) Universitas Muhamaddiyah Gresik.

Saat itu, mencoba memecahkan soal TOKI yang tentang kartu-kartu. Pokoknya intinya, gua memakai array dua dimensi yang otomatis pertambahan sesuai dengan pertambahan suku. Kodenya seperti ini:

if(xy[1][lup1]==xy[1][lup1+=2] && xy[1][lup1]==xy[1][lup1+=4])

Lha, maksud kode diatas adalah, membandingkan sebuah nilai. Artinya gini deh bahasa indonesianya: jika variable xy pada kordinat lup1 sama dengan variable xy lup1 yang ditambah dengan 2, dan variable xy pada kordinat lup1 sama juga dengan variable xy pada kordinat lup1 ditambah 4, maka jalankan aksi dibawahnya.

Dan ternyata, ketika saya mencoba untuk menjalankan kode itu... bukannya error yang didapat, tapi program tak dapat menampilkan hasil. Ada apa gerangan?

Ternyata, tahu belum temen-temen kenapa?

Ternyata, udah tahu belum sih?

Ternyata?

Ternyata?

Ternyata, kode tersebut tak dapat diartikan hanya karena kode i+=2 itu tidak berarti i+2, tetapi berarti i=i+2.

Jadi misalnya, i memiliki nilai 2. Lalu kita panggil dengan i++, maka hasilnya adalah 3. Karena i++ sama artinya dengan i+1. Tapi kalo misalnya i+=2, maka hasilnya sama dengan 4, karena artinya i=i+2. Tapi kalo i+2, artinya ya biasa, i ditambah 2, gitu. Sedangkan kalo minus (-), sama saja kayak +, tapi penempatannya yang berbeda.

Pantesan, guru gua ngatain gini "hayo, gimana caranya agar merubah pointer array, tapi nggak merubah nilai didalam array itu sendiri", ya sambil senyum-senyum gitu. Terus gua tanyain balik, "Lho, emang bisa pak misalnya kalo ingin menampilkan pointer didepannya (diatas sebuah array, red :D) tanpa tanda + (plus) ?"

Ya, terus guru gua meraktekin, tapi belum di running. Guru gua nulis i+=3, sama i+2, saat itu gua langsung sadar, langsung tobat, aduh C, C, betapa kerennya bahasamu (hahaha)


You can standing your vote for this artcile:


Or you just wanna nookmark this post on:

  • Agregar a Technorati
  • Agregar a Del.icio.us
  • Agregar a DiggIt!
  • Agregar a Yahoo!
  • Agregar a Google
  • Agregar a Meneame
  • Agregar a Furl
  • Agregar a Reddit
  • Agregar a Magnolia
  • Agregar a Blinklist
  • Agregar a Blogmarks
  • Agregar a facebook



Comments

1 Response to "i++ atau i+=3?"

hendry_dext said... November 4, 2008 at 4:21 PM

Iya.. Aku jg belajar bahasa C..

Kalo ada yang aku gak bs boleh nanya km gak ya?
N, seandainya km mw nanya ak jg bole.. Soalnya aku udah "mayan" lah dalam bahasa C.. ^^

Post a Comment

Jangan malu-malu untuk menyampaikan atau membenahi source-code/artikel saya ya teman! Dan kalau mau berkomentar, silah saja disini:



Popular Article

Recent Post

Refresh Comment

Standing on me!

About me? Yes... I'm just a small child who is a junior and still learning about how to make a good program and is also efficient and user-friendly by using C Programming Language. I have never been involved at TOKI, but hopefully this year I can pass the TOKI's test! Hurray for all of us!


Be the followers