, Olimpide Toki: Berkas dan Pembahasan: Program penghitung gaji bersih

Program penghitung gaji bersih


rogram yang kita buat kali ini adalah program yang memanfaatkan bahasa pemrograman C dalam membuat program penghitung gaji bersih.

Program yang kita buat disini tidak begitu kompleks, karena memang disengaja begitu. Kok begitu? itu dilandaskan alasan karena ini adalah program pertama kita menggunakan bahasa C, sehingga adalah begitu agar para pembaca dapat mengerti apa yang saya sampaikan dan jelaskan dengan kode yang memiliki tingkat level segampang dan seminimal mungkin.

Baiklah, langsung saja kita praktekkan. Disini penulis menggunakan Dev-C++, bukan Turbo C. Namun mungkin tidak ada bedanya, sejauh ini gua hanya menemukan satu perbedaan (karena masih pertama kali hijrah ke dev-c++), yakni dev-c++ tak mengenal perintah clrscr() walaupun kita menggunakan conio.h. Namun tak masalah, karena layar di Command Prompt-nya si Dev-C++ otomatis clear ketika program di running.

Oke, berikut source code-nya:




Haduh, sembah sujut bingungnya emang kalo kita pertama kali megang bahasa C sembahsembah

Namun karena itulah, saya datang untuk menolong dalam mempelajari bahasa C yang ternyata mudah iniangel

Oke, kode diatas emang bermaksud, bagaimana caranya, agar program meminta user menginputkan nama dan menginputkan gaji mereka, dan program akan otomatis menghitung besar gaji bersih mereka. Tentu temen-temen tahu gaji bersih kan, walaupun gak tau secara hakikat *kan kita lom kerja sengihnampakgigi

Oke, bait pertama dalam kode tersebut adalah bait Include.

  1. #include
  2. #include
  3. #include
Bahasa C, adalah bahasa pemrograman terbodoh yang pernah anda lihat. Tanpa bait #include, maka C bukanlah bahasa pemrograman, namun hanya sebata selembar notepad tanpa makna yang terjurai dalam kuncian kata-kata, *sok puitis. tumbuk

Yah, emang benar, C adalah bahasa bodoh. Sangat bodoh. Kok bisa bodoh? itu dikarenakan #include, #include, dan #include.

#include, berguna untuk memasung file librari (file pustaka) yang pasti berekstensi .h (h=header), file librari itu lah yang mengambil alih bahasa pemrograman C. Dari sini terlihat jelas ke-fleksibelan bahasa C, bahasa C akan selalu bisa terupdate kapanpun, hanya dengan file librarynya. Selain itu, program kita tidak akan mubazir dengan segala file library jika program kita tidak membutuhkannya.

Misal di VB (Visual Basic), di IDE VB itu, kita sudah otomatis menangkap semua file librari, sehingga tak perlu pakai #include-#include segala, itu lah posisi kelebihannya. Namun sadarkah, kelebihan file librari akan file librari yang tak diperlukan, dapat memperberat program dan menghabiskan resource, oleh karenanya, program yang di buat di VB, jauh lebih ringan dan lebih ringkas di bahasa C. Salut for the C Programming Language celebrate

Sudah tau kan tentang #include dan fungsinya? mari kita lanjutkan tentang bait setelahnya:

  1. char namakaryawan[40];
  2. int gajipokok, tunjangan, pajak, gajibersih;
Asal kalian ketahui, bahasa C tidak mengenal String. Lho, kok? Ya, emang, gak pakai lho-kok-lho-kok-an, kalau mau lho-kok, sana kembangin bahasa pemrograman baru dari C, dan monggo dinamain bahasa D, E, F atau Z. Karena gua juga udah bosan dengan C (hahaha, mbok ya kreatif dalam menamai program, C itu maksudnya apa, gua juga gak tahu, mungkin pengembangan dari bahasa B, maka dinamai C).

String di C pertama kali harus diimplementasikan dengan file pustaka (file header, selanjutnya disebut file pustaka saja) string.h. Mengapa? pasti kalian punya jawabannya kalo sudah paham tentang fungsi #include, bahwa C: Hanyalah sebuah notepad tanpa #include.

Jika kita sudah memiliki/meng-include-kan file string.h, maka kita bisa membuat string dengan kode char {variable}[array]. Lho, kok nggak string {variable} saja? kok malah pakai [array]?

Yang harus kalian ketahui, pada dasarnya, string adalah sebuah array dari karakter. Misalkan ada string Pahlevi, maka string Pahlevi tersebut adalah array terstruktur dari karakter pembentuk: P, a, h, l, e, v, i.

Jadi begitulah String di C, harus menggunakan array yang terhimpun dalam karakter.

wait-wait, sampai sini, mudeng kan? (doa sambil berharap agar pembaca gua pada mudeng semua).

sedangkan kode dibawahnya, yang int itu, hanya mendeklarasikan variable-variable sebagai integer. Perlu diketahui, bahasa C ketika mendeklarasikan variable, tidak perlu mengguna var, dim, atau apapun. Itu kelebihan, tapi kekurangannya, C tak bisa memanfaat variable yang belum dideklarasikan seperti dalam PHP (padahal PHP kan keturunannya C? membangkang tuh PHPsengihnampakgigi) dan Visual Basic 5-6 (VB.net sudah tidak memperbolehkan menggunakan variable yang tak terdefinisikan).

Oke, sedangkan kode dibawah ini:

printf("\n \n Siapakah nama karyawannya : ");
scanf("%s", &namakaryawan);
printf("\n Berapa Gaji pokoknya : ");
scanf("%d", &gajipokok);
tunjangan=0.2 * gajipokok;
pajak=0.15*(gajipokok+tunjangan);
gajibersih=gajipokok+tunjangan-pajak;

printf("\n \n si %s mendapatkan gaji bersih %d", namakaryawan, gajibersih);

getch();
akan gua jelasin satu-per-satu dengan lumayan detil.

printf: harus huruf kecil semua, seperti kebanyakan fungsi di bahasa C. Digunakan untuk mencetak ke layar, seragam dengan write atau writeln di pascal. Sedangkan kelebihannya ketimbang Pascal, printf si-C lebih fleksible, karena bisa digabungkan dengan penggabung berikut (yang gua apal):

%a untuk membunyikan bel (allert)
%n untuk pindah satu baris lagi (new line)
%s menampilkan string
%c menampilkan karakter
%d atau %i untuk menampilkan angka integer atau double
%f untuk menampilkan angka float (real di pascal)
scanf: digunakan untuk memindai data, atau mengasainment (memasukkan) sebuah data pada sebuah variable. ada beberapa opsi seperti halnya pada printf, lihat daftar (ini seingat gua dan yang sering gua pakai):

%s untuk mengasainmen data string
%c untuk karakter
%d atau &i untuk integer
%f untuk tipe data float
Oh ya, jangan lupa, ketika mengasainmen suatu variable, berikan tanda & didepan variable tersebut, jika tidak, maka data tidak akan diasainment di variable yang di maksudkan.

Jika dijalankan, maka akan tampil sebuah program seperti berikut:


Horray! kita selesai membuat program pertama kita, si penghitung gaji bersih. celebratecelebratecelebrate

Haduh, harus ada selametan dan acara traktiran nih, tapi untuk gua, gak usah ngerepotin kok (padahal juga mau).

Tapi... eits, jangan banga dulu hahhahhah lho-lho-lho, kenapa?

Coba kita ketikkan adam pahlevi, maka apa yang tampak? yang tampak hanyalah bait: si adam. kenapa kok ndak si adam pahlevi????

hahhah iya kan? kenapa kok nggak si adam pahlevi???

adakah error?

tidak, bukan error yang mengganjal, tapi karena... eng... saya sendiri nggak tahu alasannya. pokoknya, to the pointnya, kita bisa menerima string, tapi dalam bahasa C, string berarti akan berakhir ketika berjumpa dengan karakter spasi ' '. Kenapa kok gitu? sudah saya katakan, nggak tahu alasannya!!!

olehnya, bisa kita dapatkan perakalan dengan mengganti %s dengan %[^\n]

wah apa-apaan tuh, gini, secara harfia, ^ dapat diartikan sebagai tidak (bernilai false), sedangkan \n kan artinya enter? ya nggak, berarti ^\n adalah arti dari tidak enter, dengan kata lain, program akan menerima string sepanjang apapun dengan spasi berjumlah berapapun, asalkan user belum memencet enter.

Udah gitu aja tutorial dari saya, ini asli dari saya, jika ada yang komen silahkan, terserah. Yang penting, di edisi pemrograman berikutnya, gua gak akan lagi jelasin kode-satu-per-satu kayak gini, capek tangan gua, tapi gua iklas kok, makanya, belajar yang serius dulu disini, agar besok bisa mengikut gua lagi...

salam! gua mau mandi n makan dulu ah. karena gua akan buat program yang akan menjatuhkan program bahasa C, yang akan gua namai: GBHS setansetan, hahahaha! Tunggu pembalasanku, bahasa C!!!


You can standing your vote for this artcile:


Or you just wanna nookmark this post on:

  • Agregar a Technorati
  • Agregar a Del.icio.us
  • Agregar a DiggIt!
  • Agregar a Yahoo!
  • Agregar a Google
  • Agregar a Meneame
  • Agregar a Furl
  • Agregar a Reddit
  • Agregar a Magnolia
  • Agregar a Blinklist
  • Agregar a Blogmarks
  • Agregar a facebook



Comments

3 Responses to "Program penghitung gaji bersih"

troublemaker be said... October 11, 2008 at 11:19 PM

horrayyyy, artikel pemrograman pertama, untuk blog yang pertama gua tentang bahasa pemrograman!!! saluuut! :D *lebay!

Anonymous said... October 12, 2008 at 6:20 AM

haduhhh, ra mudeng
:)

Anonymous said... December 23, 2008 at 7:43 PM

makacih buat cemua yang dah u buatin di blog ini, moga u dapat pahala, dapat uang, dapat teman yang banyak, kecuali istri...he-he-he. intinya q makacih banget deh, u keren abis

Post a Comment

Jangan malu-malu untuk menyampaikan atau membenahi source-code/artikel saya ya teman! Dan kalau mau berkomentar, silah saja disini:



Popular Article

Recent Post

Refresh Comment

Standing on me!

About me? Yes... I'm just a small child who is a junior and still learning about how to make a good program and is also efficient and user-friendly by using C Programming Language. I have never been involved at TOKI, but hopefully this year I can pass the TOKI's test! Hurray for all of us!


Be the followers