, Olimpide Toki: Berkas dan Pembahasan: Mudah kok belajar C itu

Mudah kok belajar C itu

udah kok belajar C itu, tinggal ada kemauan dan sedikit apa semangat saja, belajar C cukup bisa dibilang mudah.

Awalnya, gua itu pakek pascal, and begitu lihat pemrograman C (guru les) gua, gua juga kaget. Nih bahasa apaan nih. Kayak gini nih gua gak pahamnya:

printf("Masukkan berapa kali berapa untuk Matriks");
scanf("%d", &quest);


ada juga yang kayak gini nih:

for(I=0;I<=quest;I++)
if(i==2 || i==4)

banyak deh yang membuat kepala jadi bingung. tapi, pas waktu gua pulang, gua gak tahan banget kepingin belajar C, itung-itung programming language C kan bahasa standar dunia, dan gua punya buku karangan orang hebat: Jogiyanto Hartono. Judul bukunya: Konsep dasar pemrograman bahasa C.

Mulai situ gua belajar C, dan keesokan les-nya, gua sudah siap dengan C dan minta: gak usah pakai Pascal lagi, C udah beribu-ribu lebih baik dari C. Karena temen-temen, memang C itu lebih baik, bahasanya singkat, padat, dan jelas, juga merupakan bahasa tingkat menengah (makanya, ada &quest, %d, dan karakter model gak bisa dibaca lainnya kayak i++, i--, i=+2 dan lainnya).

Ternyata, contoh kode diatas dapat diartikan gini temen-temen:


printf("Masukkan berapa kali berapa untuk Matriks");
scanf("%d", &quest);

itu program diatas, maksudnya adalah, printf untuk mencetak ke Command Prompt tentang permintaan program agar user memasukkan angka, sedangkan scanf, digunakan untuk memindai data, dalam pascal digunakan writeln-readln atau write-read.

Tapi, %d itu mempresentasikan bahwa data yang discan adalah data integer, sedangkan &quest dimasukkan bahwa data akan dimasukkan dalam sebuah variable bernama quest.

Dengan begini, C memiliki kelebihan: dapat memunculkan nilai hexa, ascii, dll secara langsung tanpa fungsi. Misal, kita mendefinisikan sebuah data tipe integer, tetapi kita memasukkan scanf dengan kode %c, yang berarti karakter.

Begitu user memasukkan input karakter yang dipindai dengan %c-nya scanf, maka nilai di Integer akan langsung berubah, misal otomatis jadi ascii, keren dan simply bukan???

C IS THE BEST PROGRAMMING LANGUAGE deh.

for(I=0;I<=quest;I++)
if(i==2 || i==4)

Terus kode yang itu, maksudnya adalah for(nilai awal, nilai maksimal, pertambahan). wah kalo begini, for di C bisa memiliki beribu-ribu fitur dibandingkan for di pascal, atau juga bahkan di VB (Visual Basic). Kenapa, karena kita bebas memasukkan berapa nilai awal untuk variable tertentu (misal I), berapa nilai maksimalnya, dan juga berapa pertambahannya tiap for dipanggil untuk me-loop. Sehingga, kita bisa enak dan gampang misalnya menggunakan for untuk menampilkan angka yang ber-suku (pelajaran kelas 9 smp).

Tidak hanya itu, for ternyata di C juga bisa untuk nampilin karakter dari a..z, misal dengan kode ini
for(c='a'; c<='z'; c++)

Dengan kode di atas, maka program akan otomatis mencetak karakter dalam variable c (misal di varibelkan char c), maka for akan bertugas untuk menyampaikan nilai dari a ke z untuk c, dan jika kita printf nilai c tersebut, maka tentu saja, hasilnya tercetak huruf mulai a sampai z. simpel dan cool bukan bahasa pemrograman C itu?

Untuk if:
if(i==2 || i==4)
Itu maksudnya if(kondisi) gak jauh beda kok dengan pascal.

Yang jelas, jika ada kondisi if, for, do, while, bahasa pemrograman C terbiasa menggunakan kurung bukan kurung tutup '(' dan ')', tetapi ingat, jangan diberi karakter end (';'), atau biasa disebut titik koma yang mengakhiri setiap kalimat dalam pemrograman C.

Kenapa if, for, atau pengkondisian lainnya tak boleh dikasih C? gak tau juga alasannya, tapi menurut gua, ketika gua makek for seperti ini:

for(i=0;i<=5;i++);

coba tebak apa yang keluar? yang keluar bukan deretan angka 1 sampai 5 jika nilai i di printf-kan, tetapi hanyalah 1. Tau kenapa? karena mungkin karakter ';' berguna untuk men-skip bit kode dibawahnya, atau dengan kata lebih halus, hanya melakukan looping satu kali, persis kayak break di perintah switch di C.

Bagaimana, mudah kan belajar c itu?


Einstein aja bilang ke aku gini: "Belajar C itu mudah, karena C aslinya gua yang buat, orang amerika sontoloyo itu yang ngejiplak kode C ku lalu mereka mengatasnamakan pembuatnya dengan namanya"

xixixi, just for fun! :D


You can standing your vote for this artcile:


Or you just wanna nookmark this post on:

  • Agregar a Technorati
  • Agregar a Del.icio.us
  • Agregar a DiggIt!
  • Agregar a Yahoo!
  • Agregar a Google
  • Agregar a Meneame
  • Agregar a Furl
  • Agregar a Reddit
  • Agregar a Magnolia
  • Agregar a Blinklist
  • Agregar a Blogmarks
  • Agregar a facebook



Comments

5 Responses to "Mudah kok belajar C itu"

Anonymous said... October 13, 2008 at 3:35 AM

wakakakk..di baca berulang kali tetep ngga mudeg saya.. maklum oon mas hehehe..

troublemaker be said... October 13, 2008 at 4:37 AM

&jaloee, haloo, jangan menyerah gitooo donk, kalo kita mau kita bisa, btw, masih SMA kan? manfaatin waktunya, eman lho mas besok kalo udah besar, neyesel banget gak ikut ajang gengsi ginian!!!

Anonymous said... October 15, 2008 at 12:09 AM

usul,,d bwt ebook dunk??jadi ada menu downloadnya d bwah artikel..
trus bhasa C++/C# jg dunk,,pgn bgt bljar,,
ap bedanya/enakan yg mana mnrt kk..
Vb scipt jg boleh,,,

troublemaker be said... October 15, 2008 at 12:24 AM

emmm, pikir2 lagi ya, semoga bisa terealisasikan, amin

kalo c++/C#, itu kayaknya dikit beda, yang gw tahu, C++ itu udah C Object, atau sudah OOP, artinya bisa dikasih objec (tekbok, button, dll). Kalo pascal, ada OOPnya, namanya Object Pascal, atau ada juga Delphi.

Insya Allah akan ada C++/C#, tapi sementara, maunya sih C# dulu deh,

vb script, wah, itu juga makanan kesukaan gua, sayang, gak diikutkan dalam olimpiade!

troublemaker be said... October 15, 2008 at 12:25 AM

kalo enakan, enakan C, bisa akses memori manual, bisa lihat alamat memori, wih, guampang banget pakek C. terkadang orang yang sok tahu (padahal gak pernah nyentu C sama sekali), bilang kalo C itu susah.

tapi gampang kok, dijamin deh! (menurut gw) :))

Post a Comment

Jangan malu-malu untuk menyampaikan atau membenahi source-code/artikel saya ya teman! Dan kalau mau berkomentar, silah saja disini:



Popular Article

Recent Post

Refresh Comment

Standing on me!

About me? Yes... I'm just a small child who is a junior and still learning about how to make a good program and is also efficient and user-friendly by using C Programming Language. I have never been involved at TOKI, but hopefully this year I can pass the TOKI's test! Hurray for all of us!


Be the followers